Berkeliling Anambas

Menjelajahi sudut-sudut Anambas, dapat dilakukan dengan melakukan perjalanan darat tetapi warga di kabupaten termuda di Provinsi Kepulauan Riau ini lebih dominan menggunakan moda angkutan laut sebagai alat transportasi andalan. Sebab, sebagian besar wilayah Anambas memanglah berupa laut yang dijajari ratusan pulau besar dan kecil. Sebagian berpenghuni tetapi banyak di antaranya yang berupa pulau kosong.

Sepeda Motor dan Ojek

Untuk berkeliling ke titik-titik destinasi wisata, tepatnya yang berada di tengah atau kawasan pesisir, jalur darat memang telah tersedia. Beberapa di antaranya sudah berupa jalan beraspal cukup lebar, tetapi banyak juga yang masih berpermukaan tanah. Satu-satunya moda transportasi darat yang ideal yang bisa digunakan untuk menyusuri jalur-jalur  itu adalah menggunakan sepeda motor. 

Di beberapa kotanya, seperti Tarempa, Matak serta Letung, sepeda motor itu bisa disewa. Per hari, tarifnya berkisar Rp75.000,- hingga Rp100.000,-. Biaya sewa ini memang sedikit berbeda kisarannya, antara kota yang satu dengan kota yang lainnya. Di Letung misalnya, harga sewa sepeda motor lebih mahal ketimbang di Tarempa. 

Harga sewa sepeda motor itu tidak termasuk bensin, jadi kalau Anda hendak menyewa, persiapkan juga uang untuk membeli bensinnya. Nah, perlu juga diperhatikan, di Anambas tidak ada pom bensin, jadi kalau hendak jalan-jalan ke tempat wisata, isilah tangki bensinnya terlebih dulu dengan membeli eceran di sejumlah kedai yang tersebar di sejumlah titik. Satu botol bensin bisa ada di kisaran harga antara Rp12.000,- hingga Rp13.000,-. Sebaiknya isi bensin full tank dan bila perlu bawa bensin cadangan.

Menggunakan ojek sebenarnya bisa juga jadi pilihan. Tetapi perlu dipertimbangkan dengan jarak yang hendak Anda tempuh. Kalau sekiranya dekat, seperti di sekitaran Kota Tarempa atau Letung memang tidak masalah. Tetapi kalau jaraknya jauh, tidak direkomendasikan karena harganya relatif mahal. Hanya saja, bagi Anda yang tidak memiliki kenalan sama sekali di Anambas, naik ojek sekaligus menyewa pengojeknya sebagai guide, juga bisa jadi alternatif terbaik. Soal harga, tergantung negosiasi dengan si tukang ojeknya.

Mobil

Menggunakan mobil sebenarnya juga bisa jadi alternatif lain untuk mengelilingi Anambas. Hanya, ketimbang menggunakan mobil, naik sepeda motor jauh lebih efisien dan efektif. Anda bisa bergerak lincah serta dapat mudah menjangkau lokasi-lokasi yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Perlu dicatat, banyak destinasi wisata eksotis di Anambas yang akses menuju ke lokasinya masih berupa jalan tanah, kadang malah hanya berwujud jalan setapak. 

Sepeda

Alternatif lain adalah menggunakan sepeda. Tapi, penyewaan sepeda tidak tersedia di Anambas. Paling-paling, kalau memang hendak bepergian menggunakan sepeda, satu-satunya jalan adalah dengan meminjamnya dari kolega atau kenalan Anda di sana. Atau, alternatif  terbaik adalah dengan membawa sepeda sendiri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *